Monday, April 30, 2018

Manfaat Daun Ungu Untuk Kesehatan

Daun ungu (Graptophyllum pictum Griff) termasuk dalam kelompok keluarga tanaman Acanthacea. Daun ungu dapat kita kenali dengan ciri-ciri batang tegak, ukurannya kecil dan tingginya hanya mencapai 3 meter, biasanya tumbuh liar di pedesaan atau ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman obat. Daun ungu dapat tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian 1250 mdpl, batangnya berwarna ungu, penampang batangnya hampir berbentuk segitiga tumpul.

Kandungan kimia yang ada pada daun ungu, antara lain :
– Alkaloid
– Pektin
– Asam formiat
– Glikosida
– Steroid
– Saponin
– Tanin
– Klorofil ( zat hijau daun )
– Lendir

Pada batang daun ungu, memiliki kandungan kimia, antara lain :
– Kalsium oksalat
– Asam formik
– Lemak

Kegunaan

1. Ambeien
Bahan: 3-7 lembar daun ungu dan adas pulawaras. Cara membuat: daun direbus bersama dengan 3 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring. cara menggunakan: minum 1 kali setiap pagi secara teratur.

2. Melancarkan buang air seni
Bahan: 1-2 genggam daun ungu dan adas pilowaras. Cara membuat: ditumbuk bersama dengan halus. Cara menggunakan: dioleskan pada bagian perut seperti param.

3. Mempelancar haid
Bahan: 3 sendok makan bunga daun ungu yang sudah dikeringkan. Cara membuat: direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih sehingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Cara mengunakan: diminum 3 hari menjelang datang bulan ( haid )

4. Rematik/encok
Bahan: 1-2 lembar daun ungu. Cara membuat: ditumbuk sampai halus.cara menggunakan: oleskan pada bagian yang sakit sebagai param.

5. Bisul
Bahan: 2 lembar daun ungu dan minyak kelapa secukupnya. Cara membuat: daun ungu diolesi minyak kelapa kemudian dipanggang diatas api. Cara menggunakan: dalam keadaan hangat-hangat ditempelkan pada bagian yang sakit (bisul)


Bagi anda yang tertarik untuk membeli, silakan pilih salah satu diantara 2 cara pembelian, yaitu :
1. Beli di Tokopedia
2. Beli online secara langsung

Caranya, silakan klik salah satu pilihan gambar di bawah ini :

1. Pembelian melalui Tokopedia, klik gambar di bawah ini



0 comments:

Post a Comment

Popular Posts