Thursday, April 19, 2018

22 Manfaat Bekatul Beras Merah untuk Diet Dan Kesehatan

Mengkonsumsi bekatul secara teratur akan membuat badan sehat dan dapat menghindari berbagai macam penyakit.

Bekatul atau Rice Bran, adalah bagian luar dari beras yang terlepas menjadi serbuk halus pada proses penggilingan beras.

Beras yang kita makan (sekarang ini) sudah “terlalu bersih”, sehingga nutrisinya banyak yang terbuang.

Tentang Bekatul Beras Merah dan kandungannya

Bekatul secara teknis merupakan produk sampingan dari proses penggilingan padi. Menurut penjelasan Prof. Dr. Made Astawan, seorang ahli teknologi pangan, bekatul dihasilkan setelah melalui beberapa proses. Bila gabah dihilangkan bagian sekamnya melalui proses penggilingan (pengupasan kulit), akan diperoleh beras pecah kulit (brown rice). Beras pecah kulit terdiri atas bran (dedak dan bekatul), endosperm, dan embrio (lembaga).

Endosperma terdiri atas kulit ari (lapisan aleuron) dan bagian  berpati. Selanjutnya, bagian endosperma tersebut akan mengalami proses penyosohan, menghasilkan beras sosoh, dedak, dan bekatul.

Bekatul merupakan lapisan sebelah dalam butiran beras (lapisan aleuron/kulit ari) dan sebagian kecil endosperma berpati. Dalam proses penggilingan padi di Indonesia, dedak dihasilkan pada proses penyosohan pertama, bekatul pada proses penyosohan kedua.

Kandungan Bekatul
·     Mineral
·     vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B5, B6,)
·     Vitamin B15 (200mg/100 gram)
·     Vitamin E (2 jenis) tokoferol dan tocotrienol gamma-oryzanol
·     asam ferulat
·     serat pencernaan (dietary fibres)
·     protein (11-13 g/100 g)
·     Kalsium (500-700 mg)/100 gram
·     Magnesium (600-700 mg)/100 gram
·     Kalium
·     Seng
·     Tembaga
·     fosfor ( 1.000-2.200 mg.)/100 gram

Jika didalam beras putih sudah mengalami proses penggilingan sehingga yang didapat kandungan seratnya malah ternyata terbuang meskipun tidak juga dipungkiri bahwa rasa nasi putih biasanya juga jauh lebih nikmat, Tapi tidak dipungkiri juga manfaat beras beras ternyata lebih besar dibanding beras putih.

 Inilah 22 Manfaat Bekatul Beras Merah Untuk Diet Dan Kesehatan

1. Membantu membuang racun dan sebagai makanan diet yang alami

Manfaat lain dari bekatul untuk menjalankan program diet adalah bisa membantu Anda untuk membuang limbah atau racun yang ada di dalam tubuh dan juga pencernaan Anda. Selain itu, bekatul juga biasa dijadikan sebagai salah satu menu alami saat Anda sedang melakukan program diet. Anda bebas mengkonsumsi bekatul kapan saja tanpa harus memikirikan apakah akan menyebabkan kegemukan atau tidak. Karena bekatul tidak akan membuat gemuk malah akan membantu Anda untuk terus menurunkan berat badan jika dikonsumsi dengan baik.

2. Bekatul Beras Merah Dapat Membantu Meremajakan Usus Besar.

Bekatul beras merah sangat berguna untuk meremajakan usus besar anda dari efek alami penuaan tubuh yang pasti akan dialami, kandungan seratnya yang tinggi dalam bekatul beras merah akan sangat berguna untuk mengatasi masalah pencernaan sekaligus membersihkan usus besar pada saat lemak jahat mengahambat kerja usus yang seharusnya. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi bekatul beras merah sangatlah disarankan untuk mencukupi asupan serat alami tinggi untuk pria dan wanita bahkan anak - anak serta remaja yang masih sangat membutuhkan banyak serat dalam masa pertumbuhannya dalam rangka menjaga asam basa dan metabolisme tubuh.

3. Bekatul Beras Merah Mencegah Resiko Berbagai Penyakit Kanker.

Tahukah anda dalam sebuah studi menunjukkan bahwa bekatul beras merah sangatlah baik untuk menurunkan resiko berbagai jenis penyakit kanker khususnya pada usus besar dan kanker payudara juga.

4. Bekatul Beras Merah Mampu Memberikan Rasa Kenyang Lebih Lama.

Dan juga bekatul beras merah juga mengandung karbohidart kompleks yang akan menyuplai energi secara berkala didalam tubuh kita sehingga mampu menjadikan perut kita merasa keyang secara lama. Kandungan karbohidrat yang terdapat didalam bekatul beras merah ini serupa dengan karbohidrat kompleks didalam otmeals dan juga gandum.

5. Bekatul Beras Merah Mampu Membantu Mengatasi Sembelit.

Bekatul beras juga ternyata juga sering digunakan untuk mencegah sembelit sekaligus menambah berat badan dikarenakan membuat perut kenyang lebih lama dikarenakan usus menjadi sehat serta mampu menyerap zat baik dari makanan itu sendiri jadi zat baik akan terserap secara maksimal. Reaksinya ialah dengan cara saat mengkonsumsi bekatul beras merah ini pastikan juga untuk memperbanyak asupan cairan berupa air putih 8 gelas sehari dikarenakan bekatul beras merah akan menyerap dengan cepat kandungan air didalam tubuh dan dapat meningkatkan konstipasi.

6. Dengan Mengkonsumsi Secara Rutin Bekatul Beras Merah Dapat Mencegah Resiko Kanker.

Dalam sebuah studi yang dilakuakan beberapa waktu lalu menunjukkan bahwa bekatul beras merah sangat baik untuk menurunkan resiko berbagai jenis kanker khususnya pada usus besar dan juga kanker payudara pula.

7. Bekatul Beras Merah Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Didalam Tubuh Anda.

Meningkatkan asupan bekatul beras merah ternyata dapat juga berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda. Anda juga dapat mengkonsumsi 2 sampai 4 sendok bekatul beras merah yang dicampur dengan air panas ataupun hangat yang dicampurkan pula gula jawa ataupun madu sesuai selera dan lakukanlah perhari dan kemudian ditambahkan jumlah dosisnya secara perlahan menurut kemampuan anda masing masing. Kandungan niasin yang tinggi dalam bekatul beras merah ini selanjutnya akan berperan penting dalam menurunkan resiko penyakit jantung dan kardiovaskular.

8. Bekatul Beras Merah Ternyata Ialah Sumber Asam Amino Esensial.
Dengan mengkonsumsi 1 gelas bekatul beras merah secara rutin setiap hari akan dapat memenuhi kebutuhan protein dan juga asam amino esensial sehingga sangat baik dikonsumsi oleh para vegetarian, kandungan protein yang tinggi yang terkandung didalam bekatul beras merah bisa jadi dijadikan sumber protein terbai setiap harinya.

9. Bekatul Beras Merah Sangat Tinggi Mengandung Kandungan Magnesium.

Ternyata bekatul beras merah juga mengandung magnesium tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi otot serta saraf, dapat pula berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh serta mengatur ritme detak jantung dan juga menguatkan tulang. Manfaat lain dari magnesium didalam bekatul beras merah ialah berfungsi sebagai menurunkan resiko penyakit jantung, regulasi tekanan darah dan juga mengurangi sindrom pramenstruasi.

10. Bekatul Beras Merah Dapat Juga Mencegah Diabetes Tipe 2.

Berdasarkan dari studi yang telah dilakukan beberapa waktu yang lalu telah memberikan bukti jika kita sering mengkonsumsi bekatul beras merah dan juga gandum utuh ternyata sangatlah baik untuk menurunkan resiko diabetes tipe 2. Ya paling tidak kita diminimalkan untuk mengkonsumsi setidaknya 2 porsi bekatul beras merah setiap harinya dan disarankan dilakukan selama setahun akan berdampak memberikan banyak manfaat untuk kesehatan penderita diabetes dan efeknya bisa dirasakan untuk jangka panjang, jadi yng semangat ya mengkonsumsinya.

11. Bekatul Beras Merah Dapat Membantu Proses Penyembuhan Luka.
Ternyata oh ternyata kandungan MANGAN (Mn) dalam bekatul beras merah ternyata sangatlah penting dalam proses penyembuhan luka supaya bisa lebih ditingkatkan serta dipercepat. Selain itu, kandungan mangan dalam bekatul beras merah juga berguna untuk meningkatkan dan membantu proses penyerapan nutrisi, perkembangan tulang, memberikan perlindungan antioksidan, anemia ataupun bisa juga disebut kurang darah, arthritis, serangan epilepsi dan lain sebagainya.

12. Bekatul Beras Merah Dapat Juga Mengatasi Gejala Menopause.

Bekatul beras merah yang diekstrak menjadi minyak sangat baik dikonsumsi wanita yang sudah memasuki masa - masa menopause. Dengan mengkonsumsi ekstrak bekatul beras merah ini akan dapat berdampak pada situasi mengurangi hot flashes dan gejala monopause lainnya yang biasa dialami wanita sehingga sangat baik untuk dikonsumsi setiap harinya.

13. Bekatul Beras Merah Dapat Berguna Juga Sebagai Faktor Pencegah Penuaan Dini Apabila Dikonsumsi Secara Rutin.

Bekatul beras merah ternyata memiliki kandungan vitamin E yang tinggi dan sangat baik dan berfungsi pula untuk mencegah kanker dan juga menjaga kesehatan kulit. Radikal bebas yang umumnya menyerang sel kulit ini akan meningkatkan tanda - tanda penuaan dini secara signifikan dan untuk mencegahnya maka bisa dapat melakukan langkah - langkah mengkonsumsi bekatul beras merah secara rutin/teratur. Selain itu, bekatul beras merah juga berguna untuk menghaluskan kulit juga serta mencegah keriput pada kulit anda dan memberikan perlindungan dari sinar ultraviolet matahari serta menjaga supaya racun dan patogen asing tidak mudah masuk melalui kulit anda.

14. Bekatul Beras Merah Dapat Juga Untuk Mengatasi Alergi.

Dengan menambahkan beberapa porsi bekatul beras merah kedalam makanan sajian anda, hal ini akan dapat membantu menenangkan sistem reaksi, alergi didalam tubuh sekaligus mencegah timbulnya reaksi alergi yang lainnya yang tidak biasa.

15. Bekatul Beras Merah Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan.

Walaupun bekatul beras merah terindikasi sangat tinggi mengandung kalori, namun bekatul beras merah bisa menyerap sampai 20% minyak yang terkandung dalam asupan makanan anda yang anda makan setiap harinya. Ini membuat bekatul beras merah sangat baik dikonsumsi dalam program menurunkan berat badan anda.

16. Bekatul Beras Merah Meningkatkan Fungsi Organ Hati.

Ternyata didalam beaktul beras merah dapat kita temukan kandungan /senyawa dan sifat sehat berbeda dimana bekatul beras merah mampu untuk meningkatkan kinerja dai fungsi hati secara maksimal sekaligus mencegah berkembangnya fatty liver hanya dengan mengkonsumsi bekatul ini secara teratur dalam asupan makanan harian anda.

17. Bekatul Beras Merah Dapat Membantu Meningkatkan Kesehatan Rambut Anda.

Bekatul beras merah ternyata juga mengandung asam ferulic ynag ternyata sangat baik untuk menstimulasi pertumbuhan rambut anda yang mengalami kerusakan antaupun gangguan. Selain itu kandunga antioksidan yang terkandung didalam bekatul beras merah seperti halnya vitamin E, asam lemak, omega 3 dan omega 6 akan memberikan nutrisi menyeluruh pada rambut untuk mencegah tumbuhnya uban prematur atau uban pada usia dini sekaligus mendapatkan tampilan rambut yang indah dan sehat sepanjang hari yang sebelumnya anda idam - idamkan, vitamin E yang terkandung dalam bekatul beras merah akan dapat menutrisi secara mendalam sehingga rambut menjadi sehat dan lembut sepanjang hari.

18. Bekatul Beras Merah Juga Dapat Berfungsi Sebagai Anti Inflamasi.

Bekatul beras merah juga berfungsi ataupun mempunyai sifat sebagai anti inflamasi yang dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi, dapat juga membantu mengurangi eksim, serta menyembuhkan alergi kulit karena udara panas atau dingin serta menyembuhkan sel kulit yang mengalami kerusakan serta meregenerasinya secara bertahap setelah secara rutin mengkonsumsinya.

19. Bekatul Beras Merah Dapat Membantu Mengatasi Jerawat.

Bekatul beras merah yang dijadikan minyak/diubah yang mengandung juga asam oleat seimbang dan juga asam linoeat serat asam palmeat tinggi yang ebrguna untuk mencegah timbulnya jerawat. Kulit yang berjerawat menunjukkan juka kulit kekurangan asam linoeat sehingga kita dapat menggunakan ekstrak bekatul beras merah untuk mengatasi masalah kulit yang mempunyai masalah jerawat.

20. Bekatul Beras Merah Ternyata Dapat Membantu Mengatasi Pegal Otot.

Kandungan vitamin B15 pada bekatul beras merah cukup tinggi mempunyai zat - zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh secara banyak setiap harinya. Kandungan vitamin ini akan berperan penting dalam menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh dan adapat menetralisir asam laktat yang menjadi penyebab utama pegal otot itu sendiri.

21. Bekatul untuk memperbaiki metabolisme anak autis.

Hasil penelitian menyatakakn bahwa vitamin B15 dapat membantu penyembuhan anak autis  berdasarkan pada hasil uji coba dengan memberikan asupan vitamin B15  secara teratur tiga kali sehari terbukti mampu berpotensi siginifikan dalam perbaikan kesehatan anak yang autis.

22. Bekatul beras untuk kesehatan organ jantung dan mencegah PJK.

Berkat zat nutrisi yang namanya asam amino pada katul yang cukup tinggi mampu memberikan efek atas lancarnnya aliran pembuluh darah arteri yang mengarah ke jantung sehingga organ jantung akan berfungsi lebih  baik.


Resep Minum Manfaat Bekatul untuk Kesehatan :

1. Minum dengan teh hangat

Caranya adalah siapkanlah 2 sendok makan betaul dr Liem, kemudian dicampurkan dengan teh yang agak kental, gula secukupnya saja, dan seduhlah dengan 1 gelas air hangat lebih baik dalam keadaan mendidih. Jika sudah dingin, minumlah.

2. Campurkan dengan susu

Siapkanlah 2 sendok makan bekatul dr liem yang sudah terlebih dahulu di halus. Dan kemudian dicampurkan dengan menggunakan segelas susu segar, atau bisa juga dicampurkan dengan susu instan yang sudah diseduh menggunakan air hangat. Kemudian aduklah hingga merata. Diamkanlah sampai agak dingin. Minumlah resep ini dengan teratur.

Produk Bekatul Beras Merah untuk Diet Dan Kesehatan yang direkomendasikan:



Informasi selengkapnya mengenai produk Bekatul Beras Merah di atas, silakan klik :
atau 

Artikel Terkait

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...