Saturday, May 23, 2015

Manfaat Daun Jati Cina

Daun jati cina (Tectona Grandis Linn f) sudah dikenal berabad-abad lamanya sebagai obat menghilangkan sembelit, penyakit yang disebabkan oleh konsumsi makanan berkualitas buruk. Jika sembelit berlanjut, maka akan menjadi racun bagi tubuh. Daun jati cina sangat efektif dalam melarutkan lemak dan racun untuk mengembalikan kebugaran tubuh.

Daun jati cina mengandung komponen anthraquinon atau sennosida seperti glikosida dianthrone, naftalene glikosida dan hidroksianthrasen. Daun ini sering digunakan untuk mengatasi konstipasi. Adapun kandungan Sennosida di dalamnya dapat mempercepat gerakan hasil pencernaan di usus sehingga menaikkan volume hasil pencernaan dan meningkatkan gerakan peristaltik usus sehingga air yang terserap usus terserap oleh usus sedikit dan feces tetap lembek.

Kini beragam cara dilakukan untuk memanfaatkan daun jati cina utamanya sebagai herbal pelangsing. Cara paling umum menjadikan daun jadi cina sebagai herbal pelangsing adalah dengan mengolahnya menjadi teh.

Untuk mengolah daun jati cina sebagai herbal (termasuk pelangsing) perhatikan betul aturan mengkonsumsinya. Efek samping penggunaan daun jati cina apabila digunakan secara berlebihan akan mengganggu organ ginjal dan meingkatkan produksi darah jmenjadi naik (darah tinggi). Bagi yang memiliki berat berlebih dan memiliki resiko terhadap suatu penyakit terutama penyakit gagal ginjal dan hipertensi ini dianjurkan untuk mengikuti saran penggunaanya.

Inilah cara penyajian teh daun jati cina:
  • Ambil 1 - 2 sendok makan daun jati cina dan masukkan ke dalam gelas, seduh dengan air panas 200 ml.
  • Tutup dan diamkan selama 15 menit, biarkan larut hingga terlihat warna kecoklatan.
  • Kemudian saring dan airnya siap diminum.
  • Apabila anda ingin buang air seni lancar makan tambahkan 200ml lagi tidak usah dengan air panas dengan catatan setelah seduhan 200 ml sebelumnya sudah mengental baru tambahkan air.
  • Konsumsi 1x sehari selama seminggu pertama. Setelah satu minggu masa penyesuaian Anda bisa meningkatkan dosis 2x sehari.
  • Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kurangi makanan berlemak dan berolah-raga secara teratur.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengkonsumsi teh daun jati cina:
Apabila anda masih baru atau belum pernah minum teh daun jati cina, maka penyeduhannya jangan terlalu kental. Teh diseduh dengan air panas 400 ml karena biasanya lemak akan luntur bersama air seni sebelum BAB. Karena reaksi tiap orang berbeda, apabila kurang bereaksi maka penyajiannya teh bisa dikentalkan.

Apabila anda menderita masalah pencernaan disarankan mengkonsumsi 2 hari sekali saja.

Tidak disarankan minum teh daun jati cina apabila sedang haid, alasannya kebanyakan wanita mengalami PMS syndrom dengan perut kembung, otot perut terasa kencang, apabila anda minum teh daun jati cina akan menambah ketidaknyamanan anda dalam masa menstruasi.

Biasanya minum teh daun jati cina ini bereaksi minimal 7 jam, jadi sebaiknya minumlah sebelum tidur malam hari sehingga pagi hari anda lancar BAB, dan tidak mengganggu kegiatan anda keesokan harinya.

Apabila anda mengalami buang air besar (BAB) yang berlebihan, sebaiknya hentikan atau kurangi dosis pemakaian.

Efek:
2-3 hari pertama akan merasa mulas dan BAB 3x sehari (proses ini disebut proses DETOXINASI -- sering tidaknya BAB tergantung pola makan kita sehari-hari).
Tubuh terasa segar, buang air besar lancar, mudah berkeringat, dan kotoran sedikit berminyak, akibat peluruhan lemak dalam tubuh.

Farmakologi Klinik:
Waktu aksi minum daun jati cina berkisar antara 8-10 jam, sehingga sebaiknya diminum pada waktu malam. Senosida dapat menghilangkan keluhan konstipasi pasien (irritable bowel syndrome). Pada dosis terapi tidak ditemukan adanya gangguan kebiasaan waktu defekasi; dapat melunakkan tinja dan meningkatkan kecepatan transit makanan dalam kolon melalui peningkatan gerakan peristaltik. Senosida sedikit diserap pada bagian atas saluran gastrointestinal.

Manfaat Medis:
- Pencahar untuk mengatasi sembelit/konstipasi, ambeien, setelah operasi rectal anal, pengosongan lambung sebelum foto rontgent.
- Anti inflammatory (anti bengkak).
- Regenerasi Sel.
- Obat cuci perut (colon cleansing).
- Detoksifikasi.
Artikel Terkait

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...