Thursday, May 14, 2015

Khasiat Madu untuk Mengobati Penyakit Bagian 1

Seperti yang tersebut dalam hadits:
"Hendaklah kalian menggunakan dua peyembuh ini, Al Qur'an dan madu."

Firman Allah SWT tentang madu tersebut dalam Al Qur'an:
... ..... dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia......" (QS An-Nahl, 16:69)

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk membuktikan tentang khasiat madu untuk kesehatan. Ternyata memang benar adanya, bahwa madu memang memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, yaitu;
  • Mengobati Penyakit Paru-Paru (TBC) : pada tahun 1980 an, berdasarkan penelitian para dokter di Universitas Kuyaif Ukraina membuktikan bahwa madu adalah herbal mujarab untuk mengobati penyakit paru-paru (TBC), radang tenggorokan serta radang jaringan paru-paru.
  • Mengobati Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan: madu mengandung zat yang mudah menguap dan sangat berkhasiat untuk pengobatan. Untuk penyembuhan penyakit infeksi saluran pernapasan yaitu meghirup larutan madu 10% (dicampur air panas) selama 5 menit. Berdasarkan penelitian, tingkat keberhasilan pengobatan dengan cara ini adalah 90%.
  • Mengobati Luka Bakar : madu mampu membunuh bakteri dan dapat digunakan sebagai antiseptik pada luka luar. Pertolongan pertama pada luka bakar atau luka karena tergores benda tajam, dapat menggunakan madu untuk pertolongan pertama dengan cara dioles. Madu juga mencegah radang dan pembengkakan. 
  • Mengobati Penyakit Anemia: penelitian ilmiah telah membuktikan, bahwa madu mengandung zat kimia yang berkhasiat menambah jumlah hemoglobin pada sel darah merah.
  • Mengobati Penyakit Hati : madu dapat meminimalkan tingkat keracunan bagian dalam tubuh yang dihasilkan hati. Madu mengandung bahan untuk mengobati penyakit hati yang berminyak, selain itu juga membantu dalam memperbaiki kondisi fungsi hati saat menghadapi virus radang hati.
  • Mengobati Gangguan Urat Syaraf : urat syarat yang tegang dapat diobati dengan meminum madu, begitu pula insomnia dan pusing. Banyak orang merasa sehat setelah meminum madu secara rutin.
  • Mengobati Penyakit Lambung : reaksi alkali yang dilakukan madu dapat menetralisasi asam dengan cara membentuk garam. Oleh sebab itu, madu adalah obat yang mampu menetralkan asam lambung. Berdasarkan penelitian ilmiah madu mengakibatkan berkurangnya zat asam dan dapat menghilangkan nanah akibat infeksi setelah pengobatan dengan cara diminum secara rutin.
  • Mengobati Kelelahan: kelelahan dapat diobati dengan meminum madu, karena madu mengandung karbohidrat murni yang bisa memberikan energi pada tubuh. 
  • Mengobati Penyakit Diare dan Disentri : madu berkhasiat untuk mengobati penyakit diare, disentri dan penyakit-penyakit usus dan usus besar. Selain itu, madu juga mengandung enzim yang berguna untuk mencerna makanan.
  • Mengobati Diabetes : untuk mengobati diabetes adalah dengan mengkonsumsi gula yang minim, karena gula dan pemanis buatan adalah sumber diabetes. Madu memang mengandung gula, tetapi tidak sama dengan gula putih dan pemanis buatan. Kombinasi yang tepat antara fruktosa dan glukosa membantu tubuh mengatus kadar gula darah. Berdasarkan penelitian, madu memiliki indeks hipoglikemik rendah, sehingga tidak mengakibatkan kenaikan gula darah. Berdasarkan penelitian ilmuah, madu bagi penderita diabetes adalah madu musim panas, karena pada saat itu lebah mengkonsumsi manisan bunga tanpa gula putih. Sedangkan pada musim dingin, madu mengkonsumsi gula putih karena bunga pada musim dingin sangan sedikit.
  • Mengatasi Obesitas : madu berkhasiat untuk mempercepat metabolisme tubuh, sehingga dapat membantu tubuh dalam membakar lemak lebih banyak. Orang yang kegemukan bila secara rutin meminum madu dicampur air setiap pagi akan dapat mengurangi berat badannya.
  • Mengobati Dehidrasi : kekurangan cairan tubuh dapat diobati dengan campuran madu dan air hangat
Mengenai madu untuk kegemukan (madu diet), madu penggemuk badan, madu anti kelelahan (madu stamina), madu diabetes, madu lambung, madu asma, silakan dicari artikelnya di blog ini.
Bersambung ke Khasiat Madu untuk Mengobati Penyakit Bagian 2.
Artikel Terkait

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...